Monday, June 1, 2015

Cara Menyambut Bulan Ramadhan Yang Baik


Cara Menyambut Bulan Ramadhan Yang Baik

Assalamualikum wr.wb. Langsung saja saya awali artikel dengan menyebut Bissmillahirahmannirahim. - Bagaimana Cara Menyambut Bulan Ramadhan yang Baik?.
Sekilas Pengertian Bulan Ramadhan, Ramadhan adalah bulan diturukannya Al-Quran, Sebagai Panduan untuk umat manusia. Jika sudah memasuki bulan Ramadhan ini diwajibkanlah Berpuasa. dengan berpuasa badan kita menjadi sehat dan iman kita semakin bertambah.

 

 Barang siapa yang bergembira atas datangnya Bulan Suci Ramadhan, Allah telah mengharamkan jasadnya dari Api Neraka ( HR. An-Nasa'i ).

Berikut ini Cara menyambut Bulan Ramadhan yang baik Dengan: 

1. Berdoa

     Mengapa Harus Ber-Doa ? Karena Doa juga Ibadah Hal ini juga berdasarkan Al-Qur'an yang artinya adalah :"Berdo'alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." [QS. Ghafir : 60]. Berdoa kepada Allah adalah memperlihatkan sikap berserah diri dan membutuhkan Allah, karena tidak dianjurkan ibadah melainkan untuk berserah diri dan tunduk kepada Pencipta serta merasa butuh kepada Allah.

2. Bergembira atas Datangnya Bulan Ramadhan

     Dalam Hadits tersebut Bahwa Rasulullah SAW. Menyampaikan berita gembira Kepada para Sahabatnya atas datangnya Bulan Ramadhan.  
"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, Allah telah wajibkan atas kalian puasa di siang harinya, pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syetan-syetan dibelenggu, pada bulan ini ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, siapa yang terhalang dari kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang” (H.R. Ahmad)."
 3. Memperbanyak Pujian & Syukur kepada Allah SWT.

     Nikmat terbesar saat kita mendapatkan Kesehatan pada saat memasuki Ramadhan adalah sebuah kenikmatan besar yang patut kita syukuri dengan memperbanyak pujian dan rasa syukur kepada Allah SWT. 

4. Memperbanyak Ber-Ibadah

     Dengan Cara Memperbanyak Ibadah Kita dapat mempertebal Ke-imanan dan juga dapat menambah pahala. Dengan cara Ber-Ibadah juga Kita akan Terhindar dari Marabahaya apapun.

5. Semangat Kebersamaan Dalam Taat


Ada semangat kebersamaan & ephoria untuk beribadah  dibandingkan di luar Ramadhan.
Saya Akhiri saja artikel kali ini wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Semoga Artikel "Cara Menyambut Bulan Ramadhan Yang Baik" Bermanfaat.
Dikutip dari berbagai sumber.

Disqus Comments